Jumat, 03 Februari 2012

Permainan Mencetak dengan Penampang Pelepah


A.    Mencetak dengan  Penampang Pelepah
1.      Pengertian Mencetak dengan  Penampang Pelepah
Kegiatan mencetak adalah suatu kegiatan yang didalamnya dilakukan percobaan dengan  cara mengamati proses dan hasil dari kegiatan mencetak tersebut (Roestiyah, 2011: 8). Mencetak ini dikerjakan dengan  menggunakan alat atau acuan cetak dari bahan alam yang berbentuk penampang. Digunakan penampang yang masih segar sesuai ukuran yang diinginkan, kemudian dipotong dengan  rata agar diperoleh penampang yang baik. Pelepah yang digunakan bisa dari pelepah pisang, talas, papaya dan sejenisnya. Mencetak ini dikerjakan dengan  menggunakan alat atau acuan cetak dari bahan alam yang berbentuk penampang.

2.      Manfaat dan Tujuan Kegiatan Mencetak
Anak memiliki sifat ingin tahu yang tinggi, sifat ingin tahu sesuai dengan perkembangan intelektual anak pada masa usia dini sedang berkembang sangat cepat. Salah satu memuaaskan rasa keingintahuaannya adalah dengan  melakukan eksplorasi dan percobaan (trial dan eror). Oleh karena itu, melalui mencetak anak sangat mendukung optimalisasi potensi intelektual yang sesuai taraf berpikir anak pada masa ini.
Melalui kegiatan mencetak, proses yang ditekankan oleh Piaget di atas (anak harus melakukannya sendiri) dapat terlaksana. Melalui kegiatan mencetak, terjadi proses berpikir logis, analisis, krisis dan sistesis yang membangun suatu pengetahuan baru. Tujuan penggunaan kegiatan mencetak bagi anak adalah menjelaskan tentang proses terjadinya sesuatu, memberikan pengalaman kepada anak tentang proses terjadinya sesuatu dan membuktikan tentang kebenaran sesuatu.

3.      Kelebihan dan Kekurangan Mencetak
a.       Kelebihan Kegiatan Mencetak
1)      Kegiatan mencetak membuat anak didik lebih percaya atas kebenaran atau kesimpulan berdasarkan hasil cetakan sendiri daripada hanya menerima penjelasan yang disampaikan pendidik atau dari dalam buku.
2)      Anak didik dapat lebih mengembangkan sikap eksplorasi.
3)      Melalui kegiatan mencetak akan terbina manusia yang dapat mengembangkan inovasi baru dengan penemuan hasil percobaan dan diharapkan dapat bermanfaat bagi kesejahteraan hidup manusia.

b.      Kelemahan Kegiatan Mencetak
1)      Jika mencetak memerlukan proses hasil dengan  jangka waktu yang lama.
2)      Kebanyakan kegiatan ini hanya cocok untuk konsep seni/ ilmu alam dan teknologi.

4.      Bahan dan Peralatan Mencetak dengan  Penampang Pelepah
a.       Kertas gambar ukuran kwarto, A4, kertas lipat
b.      Tinta atau cat gambar (cat air, cat poster) bisa juga menggunakan tinta stempel
c.       Kuas atau menggunakan kapas
d.      Kertas Koran untuk alas meja
e.       Pelepah pisang untuk alat cetaknya, atau pelepah lainnya
f.       Bantalan stempel bila menggunakan tnta stempel

5.      Langkah Kerja Mencetak dengan  Penampang Pelepah
a.          Siapkan adonan warna secukupnya pada palet gambar agak pekat
b.         Ambil atau pilih satu atau beberapa potongan pelepah dalam keadaan masih segar (belum layu atau kering) dengan ukuran sedang dan permukaannya datar. Misalnya, pelepah pisang jangan terlalu pangkal atau sebaliknya terlalu ujung.
c.          Salah satu permukaan penampang diolesi dengan tinta/ cat agak pekat menggunakan alat kuas atau kapas dengan ketebalan sedang sampai rata. Pemberian warna pada permukaan penampang tidak dicelupkan ke dalam adonan warna, supaya celah/ lubang pada penampang tidak tertutup warna.
d.         Selanjutnya penampang yang sudah bertinta tersebut dicapkan pada kertas gambar sambil dilakukan penataan agar diperoleh hasil cap yang lebih baik.
e.          Untuk menghasilkan cap dengan komposisi warna tertentu ulanglah langkah mencetak yang sudah dilakukan dengan mengganti warna yang dioleskan pada penampang yang digunakan. Kombinasi hasil cap bisa juga diperoleh dengan menggunakan beberapa penampang pelepah yang ukurannya tidak sama, misalnya ada yang besar, sedang dan adalah yang kecil.

B.     Perkembangan Otak Kanan
1.      Otak kanan berfungsi untuk sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain, pengendalian emosi, kemampuan merasakan, memadukan dan ekspresi tubuh (seperti menari, menyanyi, dan melukis).
2.      Otak kanan juga berfungsi dalam hal persamaan, khayalan, kreativitas, bentuk atau ruang, emosi, musik dan warna, inovasi, kreativitas, naluri, intuisi, daya cipta, kejujuran, keuletan, tanggungjawab, kesungguhan, spirit, kedisiplinan, etika, empati dan lain-lain.
3.      Daya ingat otak kanan bersifat panjang (long term memory).
4.      Otak kanan ini lebih mendekati ke otak perasaan, senang sedih, perubahan perasaan, marah, yang mengatur adalah kotak kanan, dan otak kanan akan sangat berguna apabila dioptimalkan lebih baik lagi.
5.      Kerusakan otak kanan misalnya pada penyakit stroke atau tumor otak, maka fungsi otak yang terganggu adalah kemampuan visual dan emosi misalnya

C.    Analisis Permainan yang Bermanfaat Untuk Melatih Otak Kanan
Pengembangan Kreativitas Seni
Bagi anak usia TK berekspresi seni rupa merupakan salah satu media berkomunikasi seni yang memiliki daya tarik bagi semua anak dan dapat mengembangkan kompetensi dan motorik halus. Salah satu bidang pengembangan kompetensi bagi anak TK yaitu berkaitan dengan  pengembangan seni khususnya seni rupa. Secara konseptual fungsinya adalah sebagai sarana untuk menumbuhkankembangkan kemampuan pikir, kreativitas, kepekaan rasa dan indrawi serta pembinaan kemampuan terampil dalam berkesenian khususnya pengembangan kreativitas senirupa.
Pada anak usia TK berada pada masa keemasan berekspresi kreatif dimana kadar kreativitasnya masih sangat tinggi. Oleh karena itu pengembangan kreativitas senirupa hendaknya mendapatkan kesempatan dan pembinaan secara lebih intensif dan efektif sesuai dengan  masa perkembangan seninya Melalui kegiatan mencetak, terjadi proses berpikir logis, analisis, krisis dan sistesis yang membangun suatu pengetahuan baru. Tujuan penggunaan kegiatan mencetak bagi anak adalah menjelaskan tentang proses terjadinya sesuatu, memberikan pengalaman kepada anak tentang proses terjadinya sesuatu dan membuktikan tentang kebenaran sesuatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar